FAQ & Helpdesk Kategori PPPK Tahun 2023

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

 
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
Perbedaan PNS dan PPPK dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. PNS merupakan pegawai tetap dengan masa kerja sampai batas usia pensiun sesuai jenjang jabatan, sedangkan PPPK merupakan pegawai dengan masa kerja dengan jangka waktu tertentu sesuai Masa Hubungan Perjanjian Kerja (MHPK).
Ya, Saudara dapat melihat rincian kebutuhan tersebut di laman (https://sscasn.bkn.go.id) dan laman (https://casn.kemkes.go.id).
Kebutuhan Khusus, yaitu pelamar yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana tercantum dalam pengumuman, yang terdiri dari:
1. Eks Tenaga Honorer Kategori II yang terdaftar dalam pangkalan data (database) eks THK-II pada Badan Kepegawaian Negara dan melamar pada instansi pemerintah tempat bekerja saat mendaftar;
2. Tenaga non Aparatur Sipil Negara (tenaga non ASN), yaitu pegawai yang melamar pada instansi pemerintah tempat bekerja saat mendaftar dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus-menerus pada instansi pemerintah yang dilamar.

Kebutuhan Umum, yaitu pelamar yang berasal dari selain eks THK-II dan non ASN sebagaimana tercantum pada poin A dan memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana tercantum dalam pengumuman ini selain kebutuhan khusus.
Jabatan ASN yang dapat diisi oleh PPPK adalah 7.095 kebutuhan yang terdiri dari 6.388 kebutuhan tenaga kesehatan dan 707 kebutuhan tenaga teknis dengan rincian kualifikasi pendidikan, jumlah kebutuhan dan penempatan dapat dilihat melalui laman https://casn.kemkes.go.id. Untuk deskripsi umum pekerjaan dan rentang penghasilan per jabatan dapat dilihat melalui laman https://sscasn.bkn.go.id
Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PPPK berhak memperoleh:
a. Gaji dan tunjangan;
b. Cuti;
c. Perlindungan;
d. Pengembangan kompetensi.
Ya, pada menu info lowongan di laman (https://sscasn.bkn.go.id) dan rincian alokasi kebutuhan pada laman (https://casn.kemkes.go.id).
Tidak bisa, untuk kebutuhan PPPK tahun 2023, setiap pelamar HANYA dapat mendaftar pada 1 (satu) kebutuhan jabatan di 1 (satu) instansi.
Pelamar yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman Penerimaan PPPK Kemenkes Tahun 2023.
Ya, pelamar dapat mendaftar sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
Tidak bisa, pelamar harus memiliki ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar.
Jika kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan tidak tercantum pada ijazah dan/atau transkrip nilai (sebagai peminatan atau program studi), maka pelamar wajib melampirkan asli surat keterangan dari fakultas atau perguruan tinggi yang menerangkan bahwa yang bersangkutan benar telah menempuh pendidikan sesuai kualifikasi yang dipersyaratkan.
Tidak bisa, pelamar wajib memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapatkan penetapan penyetaraan ijazah luar negeri dan penetapan penyetaraan transkrip nilai konversi atas IPK ke skala 4,00 dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Saudara tidak bisa melihat jumlah pelamar per jabatan.
Saudara dapat melihat pengumuman penerimaan PPPK Kemenkes Tahun 2023 di laman https://casn.kemkes.go.id
Boleh, namun apabila Saudara mengajukan pengunduran diri sebelum MHPK berakhir dan belum memenuhi masa perjanjian kerja paling singkat 90% serta belum memenuhi target kinerja paling kurang 90% maka dikenakan pemutusan hubungan perjanjian kerja dengan hormat tidak atas permintaan sendiri dan tidak dapat melamar kembali sebagai PPPK.
Dokter, Perawat, Administrator Kesehatan, Apoteker, Bidan, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, Fisikawan Medis, Nutrisionis, Pranata Laboratorium Kesehatan, Psikolog Klinis, Radiografer, Entomolog Kesehatan, Epidemiolog Kesehatan, Pembimbing Kesehatan Kerja, Penata Anestesi, Penyuluh Kesehatan Masyarakat, Perekam Medis, Sanitarian, Teknisi Elektromedis, Terapis Gigi dan Mulut, Asisten Apoteker, Fisioterapis, Okupasi Terapis, Teknisi Transfusi Darah, Terapis Wicara, Ortotis Prostetis, Refraksionis Optisien, Asisten Penata Anestesi.
Bisa, untuk jenjang terampil/ahli pertama/ahli muda dengan batas usia pensiun 58 (lima puluh delapan) tahun, usia paling tinggi pada saat melamar 57 (lima puluh tujuh) tahun.
Ya, selama pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan yang dipersyaratkan dan pengalaman kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar.
Penyandang disabilitas dapat melamar dengan ketentuan memiliki ijazah sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dan memenuhi persyaratan lainnya.
Saudara harus mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dengan melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasnya serta video singkat yang menunjukkan kegiatan dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.
Tidak bisa, Saudara tidak dapat mendaftar dengan STR Intership.
Pelamar jabatan fungsional kesehatan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai jabatan yang dilamar (bukan internsip) yang masih berlaku pada saat pelamaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR dan diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id, sesuai yang tercantum pada lampiran II pengumuman ini (Keputusan Menteri PANRB nomor 654 tahun 2023 tentang Persyaratan STR untuk Melamar pada Jabatan Fungsional Kesehatan Dalam Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2023)
Ada, silakan Saudara dapat mengikuti syarat ketentuan sesuai yang tercantum pada website https://sscasn.bkn.go.id
Surat keterangan pengalaman dibidang kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar ditandatangani oleh pimpinan unit kerja.
Ya, Surat Lamaran asli yang ditujukan kepada Menteri Kesehatan dengan dibubuhkan e-Meterai Rp10.000,-yang telah ditandatangani sesuai format yang dapat diunduh di laman https://casn.kemkes.go.id
Pelamar dapat membuat surat pernyataan dengan cara diketik maupun tulis tangan (tulisan jelas dan dapat dibaca) sesuai format yang dapat diunduh di laman https://casn.kemkes.go.id yang telah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai.
Ya, surat lamaran menggunakan e-Meterai Rp10.000,-.
Saudara dapat mengunduh kemudian mengisi atau menyalin ulang surat pernyataan dan surat lamaran sesuai format di laman https://casn.kemkes.go.id dengan syarat mencantumkan seluruh poin yang dipersyaratkan sesuai jabatan yang dilamar.
Ada, untuk contoh format surat keterangan pengalaman kerja sesuai jabatan yang dilamar dapat diunduh di laman https://casn.kemkes.go.id
Pelamar PPPK wajib memiliki pengalaman sebagai berikut
Memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar dan berkinerja baik, dengan ketentuan:
a. Paling singkat 2 (dua) tahun untuk jenjang terampil, mahir, ahli pertama;
b. Paling singkat 2 (dua) tahun sebagai tenaga pengajar di Perguruan Tinggi untuk Jabatan Dosen Asisten Ahli;
c. Paling singkat 3 (tiga) tahun untuk jenjang ahli muda;
d. Paling singkat 5 (lima) tahun untuk jenjang ahli madya.
Masa hubungan perjanjian kerja ditetapkan dalam jangka waktu paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun serta dapat diperpanjang untuk jangka waktu paling lama 5 (lima) tahun sesuai dengan kebutuhan instansi dengan memperhatikan Batas Usia Pensiun sesuai jenjang jabatan.
Tidak ada, Pelamar wajib mengunggah dokumen yang disyaratkan berupa data digital/hasil scan asli berwarna yang secara keseluruhan terlihat jelas dan dapat dibaca.
Surat lamaran ditandatangani dengan tinta hitam oleh pelamar. Untuk Surat Pernyataan tidak ada ketentuan warna tinta.
1. Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun;
2. Untuk jenjang terampil/mahir/ahli pertama/ahli muda dengan batas usia pensiun 58 (lima puluh delapan) tahun, maka usia paling tinggi 57 (lima puluh tujuh) tahun;
3. Untuk jenjang ahli madya dengan batas usia pensiun 60 (enam puluh) tahun, maka usia paling tinggi 59 (lima puluh sembilan) tahun;
4. untuk jabatan asisten ahli dengan batas usia pensiun 65 (enam puluh lima) tahun, maka usia paling tinggi 64 (enam puluh empat) tahun;
Batas usia dimaksud berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada ijazah untuk pelamaran dan dihitung saat menyelesaikan pendaftaran online di laman https://sscasn.bkn.go.id.
Tidak, surat keterangan sehat diterbitkan oleh dokter unit pelayanan kesehatan pemerintah paling lambat 15 (lima belas) hari kalender sebelum menyelesaikan pendaftaran online di laman https://sscasn.bkn.go.id
Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm, sekurang-kurangnya menggunakan kemeja dengan latar belakang berwarna merah.
Ada, untuk ketentuan lengkapnya sesuai di https://sscasn.bkn.go.id
Tidak bisa, lokasi ujian sesuai pilihan pelamar saat pendaftaran online.
Data tempat lahir yang digunakan pada https://sscasn.bkn.go.id setingkat dengan kabupaten/kota pada saat pelamar lahir.
Silakan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai alamat KTP untuk melakukan perbaikan data sesuai dokumen resmi yang dimiliki.
Saudara dapat mengganti password di laman https://sscasn.bkn.go.id
Ya, Saudara dapat melamar dengan melampirkan surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan secara elektronik yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang masih berlaku.
Ya, Saudara dapat mengunggah Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) dari Perguruan Tinggi/ Institusi yang mengeluarkan ijazah tersebut.
Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran, pelamar wajib melakukan pengecekan terhadap yang telah diisi sebelum melakukan proses Simpan Data/submit dan memastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar. Data yang telah dikirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun.
Tidak ada pengiriman berkas, semua berkas pendaftaran diunggah ke dalam laman https://sscasn.bkn.go.id
Tidak, Saudara tidak dapat mengganti/membatalkan apabila telah mengakhiri pendaftaran.
Seleksi Penerimaan PPPK Kementerian Kesehatan Tahun 2023 tidak dipungut biaya apapun.
Tidak bisa, karena salah satu syarat pendaftaran CPNS adalah tidak berkedudukan sebagai PPPK.
Tidak ada penambahan nilai bagi pelamar yang termasuk dalam pendataan Non ASN BKN.
silakan Saudara membaca KEPMENPAN RB Nomor 650 Tahun 2023 tentang Persyaratan Wajib Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Sebagai Penambahan Nilai Seleksi Kompetensi Teknis dalam Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional
Nilai Ambang Batas hanya diberlakukan bagi peserta yang melamar pada jenis kebutuhan umum.

Ketentuan tentang Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK tahun 2023 sesuai KEPMENPAN RB Nomor 652 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023 dan KEPMENPAN RB Nomor 653 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Dosen Tahun Anggaran 2023.
Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi dan waktu tanggapan sanggah oleh instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan Instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.
Ya, pelamar dapat mengajukan sanggah apabila setelah dilakukan pengumuman seleksi administrasi terdapat keberatan terhadap hasil keputusan Instansi.
Pelamar dapat melakukan sanggahan pada halaman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id setelah pengumuman seleksi administrasi
1. Seleksi Administrasi;
2. Seleksi Kompetensi.
1. Kompetensi Teknis;
2. Kompetensi Manajerial;
3. Kompetensi Sosial Kultural;
4. Wawancara untuk penilaian integritas dan moralitas.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional, Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Seleksi kompetensi teknis disusun oleh instansi pembina JF selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional, Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional, Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.
Tidak bisa, pelamar wajib memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapatkan penetapan penyetaraan ijazah luar negeri dan penetapan penyetaraan transkrip nilai konversi atas IPK ke skala 4,00 dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Pastikan dokumen yang Anda unggah sesuai dengan ketentuan sesuai yang tercantum pada website https://sscasn.bkn.go.id (format file dan ukuran maksimal).
Ya, Saudara dapat mengetahui Rumah Sakit Penempatan selama jangka waktu tertentu pada Formasi yang akan dilamar. Contoh: Jabatan Perawat Ahli Pertama di Rumah Sakit Kanker Dharmais - Instalasi Rumah Sakit Surabaya, maka akan ditempatkan pada Rumah Sakit Kanker Dharmais selama jangka waktu tertentu.
Saudara harus membeli melalui laman https://meterai-elektronik.com/

Tutorial silakan Saudara mengunjungi laman https://www.youtube.com/watch?v=BiIEWpV6Ets